Sekretariat Dewan

 

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor Tahun 2 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  bahwa Sekretariat DPRD merupakan unsur supporting  terhadap kegiatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pakpak Bharat yang dipimpin oleh Sekretaris DPRD yang bertanggung jawab kepada Bupati dan secara teknis administrasi mendapat pembinaan dari Sekretaris  Daerah. Sekretariat DPRD Kabupaten Pakpak Bharat mempunyai tugas yaitu sebagai berikut : 

a)menyelenggarakan administrasi kesekretariatan;

b)menyelenggarakan administrasi keuangan;

c)mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD ;

d)menyediakan serta mengkoordinasi tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Sekretariat DPRD Kabupaten Pakpak Bharat mempunyai Rencana Strategis yang berorientasi pada output dan outcome yang hendak dicapai selama lima tahunan yaitu Tahun 2010-2015. Adapun tujuan dari Rencana Strategis Sekretariat DPRD Kabupaten Pakpak Bharat adalah : (1) menetapkan visi, misi sebagai tujuan kedepan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, (2) menetapkan tujuan dan sasaran sebagai penjabaran visi, misi dan keadaan yang diinginkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kesekretariatan DPRD kabupaten Pakpak Bharat.

Terkait dengan hal tersebut maka visi Sekretariat DPRD Kabupaten Pakpak Bharat adalah terwujudnya pelayanan yang profesional dan prima membantu DPRD Kab. Pakpak Bharat dalam rangka menampung aspirasi  dan mewujudkan masyarakat Pakpak Bharat yang Nduma. Dari visi tersebut kemudian dirumuskan misi Sekretariat DPRD Kabupaten Pakpak Bharat yaitu : memberikan pelayanan administrasi kepada DPRD dalam menyelenggarakan tugas dan kewenangan DPRD Kabupaten Pakpak Bharat. Penjabaran dari visi dan misi Sekretariat DPRD adalah dengan ditetapkan tujuan dan sasarannya adalah  meningkatkan layanan administrasi dan memfasilitasi pelaksanaan tugas dan fungsi Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Pakpak Bharat. 

Tujuan dan sasaran yang akan dicapai oleh Sekretariat DPRD Kabupaten Pakpak Bharat telah terimplementasikan dalam bentuk program dan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahunnya.                                                                  

Organisasi Sekretariat DPRD Kabupaten Pakpak Bharat sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor Tahun 2 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  bahwa Sekretariat DPRD terdiri dari :

1.Sekretariat.

2.Bagian, terdiri dari :

a.Bagian Umum, terdiri dari;

-Sub Bagian Tata Usaha, Kearsipan dan Kepegawaian

-Sub Bagian Perlengkapan

-Sub Bagian Keuangan.

b.Bagian Perundang-Undangan, Risalah, dan Persidangan, terdiri dari;

-Sub Bagian Perundang-undangan dan Risalah Hukum

-Sub Bagian Rapat dan Parsidangan

c.Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler, terdiri dari ;

-Sub Bagian Hubungan Masyarakat dan Dokumentasi.

-Sub Bagian Protokoler dan Hubungan Antar Lembaga.