Berita

KOMISI I DPRD PAKPAK BHARAT TINJAU PELAKSANAAN UJIAN CPNS

Selasa, 4 Februari 2020

Diketuai oleh Edison Manik, SE, hari ini Selasa 4 Februari 2020, Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Pakpak Bharat tinjau langsung pelaksanaan ujian CPNS di Balai Diklat BKD Cikaok. Sesuai rencana yang diberikan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, pelaksanaan ujian CPNS dilaksanakan selama 7 hari dimulai tanggal 1-7 Februari 2020 dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 3318 peserta.

Metode seleksi setelah lulus akan masuk tahap kedua dengan metode Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) artinya lulus seleksi pertama akan memasuki tahap kedua yang dilaksanakan sesuai formasi. Misalnya jika melamar Guru maka lulus tahap pertama untuk tahap kedua seleksinya dilakukan oleh dinas sesuai formasi yang tersedia dengan perhitungan jumlah kelulusan tahap pertama untuk tahap kedua dengan perbandingan 1 banding 3 artinya jika formasi yang tersedia 2 maka tahap kedua yang berhak untuk mengikuti seleksi maksimum 6 orang peserta.

Didampingi Kepala BKD Pakpak Bharat Sartono Padang, S. Sos., MM, dan Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat Mester Padang, S. Pd., MM, Edison Manik, SE dan Rismawaty Bancin menyapa para peserta ujian. Disela-sela sapaannya, Edison Manik, SE menanyakan daerah asal peserta dan ternyata ada peserta yang berasal dari Jakarta. " Apa ada yang dari Jakarta?" Tanya Edison Manik, SE kepada para peserta dan ada peserta yang mengangkat tangan. Edison Manik, SE pun mendatangi peserta tersebut dengan wajah antusias dan menanyakan kesediaannya menjadi warga Pakpak Bharat. "Apakah kamu mau menjadi orang Pakpak Bharat?" Tanya Edison Manik, SE lagi. "Mau, Pak." Tegasnya yang ternyata berlatar belakang pendidikan Perawat.

Rombongan Komisi I DPRD Pakpak Bharat kemudian melanjutkan ke tempat para peserta ujian yaitu ruangan CAT. Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Pakpak Bharat bertemu dan bertanya langsung kepada penyelenggara ujian yaitu dari BKN Kanreg VI terkait kesiapan sistem CAT dalam pelaksanaan ujian. "Sejauh ini apakah ada kendala, Bu?" Kata Edison Manik, SE. " Tidak ada, Pak. karena dua hari sebelum pelaksanaan ujian, kita sudah turun Pak untuk mengecek seluruh peralatan dan kesiapan BKD dalam menyelenggarakan ujian." Kata Tim BKN Kanreg VI.

"Seperti yang telah kita lihat, pelaksanaan ujian CPNS benar-benar murni. Setelah peserta selesai menyelesaikan soal ujiannya, kita telah dapat melihat apakah peserta itu lulus atau tidak. Orang-orang bisa melihat semuanya. Dan nilai ujian peserta diumumkan dan dipampangkan di papan pengumuman yang telah ditentukan. Maka kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, awas!!! jangan mau ditipu oleh oknum-oknum yang mencari kesempatan untuk dapat mengurus kelulusan. Sekali lagi kami tegaskan, awas!!! tes ini murni...jangan sampai tertipu." Tegas Edison Manik, SE mengakhiri kunjungannya.