Berita

Sidang Penyampaian Rekomendasi DPRD Atas LKPJ Bupati Pakpak Bharat Tahun 2017

Senin, 14 Mei 2018

Menindaklanjuti Surat Ketua DPRD Kabupaten Pakpak Bharat Nomor : 005/493/DPRD/PB/V/2018 tanggal 11 Mei 2018, yaitu Perihal Rapat Paripurna Internal dengan Agenda; 1. Penyampaian Laporan Badan Kehormatan Dewan tentang tata cara beracara DPRD; 2. Penyampaian Laporan Panitia Khusus LKPJ Bupati Pakpak Bharat Tahun 2017; 3. Penyampaian Laporan Badan Anggaran terkait Pinjaman Daerah; 4. Pengambilan Keputusan, maka dengan ini untuk selanjutnya sesuai denga jadwal Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, Tanggal 2 Mei tahun 2018, Tentang Perubahan Keempat Keputusan Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Pakpak Bharat No. 3 tahun 2018, tentang lanjutan masa sidang I DPRD Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2018, Senin (14/5) Rapat Paripurna, bertempat di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, Kabupaten Pakpak Bharat dengan agenda sidang Penyampaian Rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati Pakpak Bharat Tahun 2017.

Rekomendasi yang berupa Keputusan DPRD Kabupaten Pakpak Bharat merupakan hasil pembahasan LKPJ berisikan rekomendasi perbaikan pemerintahan ke depan, bukan penolakan laporan pertanggungjawaban. Oleh karena itu DPRD berupaya menyusun rencana yang terukur dan bisa dijalankan pemerintah.

Rekomendasi yang disampaikan mengandung apresiasi dan kritisi mulai dari penganggaran pemerintah (pendapatan dan belanja), perekonomian (PDRB, pertumbuhan ekonomi, pendapatan perkapita, pengangguran terbuka, IPM dan kemiskinan), penyelenggaraan urusan wajib (pendidikan, pemerintahan daerah, kesehatan, pekerjaan umum, perencanaan pembangunan, kependudukan dan pencatatan sipil, pertanahan, penataan ruang, perhubungan) dan penyelenggaraan urusan pilihan (pertanian, kehutanan dan perkebunan, energi dan sumber daya mineral, pariwisata, penanaman modal dan perizinan, serta urusan sosial).

Dalam hal ini Ketua dan Wakil Ketua DPRD menyerahkan naskah Keputusan DPRD Kabupaten Pakpak Bharat secara resmi kepada Bupati yang dalam kesempatan ini didampingi Sekda.