Berita

Reses DPRD Sumut Disambut Bupati Pakpak Bharat

Rabu, 10 Desember 2014

Kunjungan Tim Reses DPRD Sumut Dapil (Daerah Pemilihan) XI ke Pemkab Pakpak Bharat diterima oleh Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu,MBA didampingi Wakil Bupati Ir. H. Maju Ilyas Padang, Sekdakab Drs. Holler Sinamo,MM dan sejumlah pejabat jajaran Pemkab Pakpak Bharat di Pendopo Bupati, Kamis (27/11).

Tim Reses DPRDSU Dapil XI tersebut diketuai Leonard Surungan Samosir, BA didampingi Jenny Riani Lucya Berutu SH, dan Toni Togatorop,SE. Selanjutnya Leonard Samosir menjelaskan, tujuan reses untuk jemput bola agar dapat menjaring aspirasi dari bawah yang nantinya akan dibawa dan diperjuangkan menjadi prioritas utama dalam pembangunan agar dapat ditampung dalam anggaran APBD Pemerintah Propinsi Sumatera Utara. Pihaknya tetap mendukung pembangunan didaerah Pakpak Bharat sehingga warga masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan didaerahnya, dan diminta kepada Pemkab Pakpak Bharat untuk terus meningkatkan anggaran dalam menjalankan pembangunan tersebut, paparnya.

Sementara Bupati Pakpak Bharat dalam sambutannya sangat mengharapkan sekali dukungan dan perjuangan anggota DPRDSU dari Dapil XI untuk mengawal program Pemkab Pakpak Bharat agar program-program pembangunan Pakpak Bharat terutama di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertanian dapat terealisasi didalam APBD Propinsi Sumatera Utara. “Untuk membuka keterasingan masyarakat, saya memprioritaskan pembangunan dalam bidang infrastruktur. Dengan terbukanya ruas jalan tidak hanya satu aspek saja yang terselesaikan yaitu masalah transportasi, tetapi juga berdampak pada lainnya seperti kemudahan menghadirkan jaringan listrik dari PLN. Efek selanjutnya adalah peningkatan sisi perekonomian, kemudahan persoalan administrasi pemerintahan, sampai kepada memperlancar para pelajar untuk melanjutkan studinya. Itulah sebabnya saya sangat berusaha keras pada permasalahan jalan,” urai Bupati dengan panjang lebar. Diakhir sambutannya Bupati juga berharap agar Kabupaten Pakpak Bharat menjadi anak emas dalam penerimaan APBD Propsu, agar pembangunan dapat merata sampai ke desa-desa.

Sebelumnya Sekdakab, Drs. Holler Sinamo,MM melakukan ekspose tentang perkembangan pembangunan dan capaian sejumlah prestasi yang telah diraih Kabupaten Pakpak Bharat. Selanjutnya disampaikan Sekda lima usulan prioritas pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat yaitu Pertama adalah Peningkatan Aksesbilitas dan Kualitas Pendidikan seperti Pembangunan Gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kec.Siempat Rube dan Pagindar, kedua yaitu Peningkatan Aksesbilitas dan kualitas Kesehatan Masyarakat dengan Penambahan Tenaga Dokter Spesialis, Ketiga yaitu Peningkatan Perekonomian Masyarakat yang berbasis Agribisnis yang proporsional dan berkelanjutan seperti Pembangunan Akses Jalan Jamburea-Kuta Jungak-Sigalingging Sep.15,5 Km, Peningkatan Jalan Sukaramai-Tj. Rahu-Panjaratan (Batas Dairi) Sep.15 Km, Peningkatan Jalan Sukaramai-Salak-Delleng Simpon Sep.39 Km, Peningkatan Jalan Lagan-Pagindar (Batas NAD) Sep. 37 Km, Peningkatan/Pemeliharaan Jaringan Irigasi Lae Ordi, Keempat yaitu Pengembangan Investasi, Koperasi dan UMKM, Industri dan Perdagangan dengan Pelatihan Kewirausahaan, Home Industri serta Pembangunan terminal dan Pasar Induk, sedangkan yang kelima yaitu Pengembangan Budaya Lokal dan Destinasi Wisata.